Australia amatir prospektor menemukan emas nugget besar
Sebuah prospektor amatir di negara bagian Australia Victoria telah heran ahli dengan menggali nugget emas seberat 5.5kg (177 ons).
Orang tak dikenal, dengan menggunakan detektor logam genggam, menemukan nugget Rabu, berbohong 60cm bawah tanah dekat kota Ballarat.
Nilainya telah diperkirakan lebih dari $ 300.000 ($ 315.000: £ 197,000) A.

Ahli emas lokal mengatakan bahwa emas telah berprospek di daerah selama beberapa dekade, tetapi tidak ada penemuan tersebut telah dibuat sebelumnya.

"Saya telah menjadi prospektor dan dealer selama dua dekade, dan tidak bisa ingat kapan terakhir kali nugget lebih dari 100 ons (2.8kg) telah ditemukan secara lokal," kata Cordell Kent, pemilik Toko Emas Pertambangan Ballarat Exchange.

"Ini sangat penting sebagai spesimen mineral Kami adalah 162 tahun menjadi demam emas dan Ballarat masih memproduksi nugget -. Itu tidak pernah terjadi."
Sebuah video dari Y berbentuk nugget telah diposting di YouTube pada hari Rabu oleh TroyAurum pengguna.
Dia menulis bahwa orang yang menemukan itu mengatakan "terdengar seperti kap mobil melalui headphone.
"Itu berbaring (sisi lebar up) datar dan ia dengan hati-hati menggalinya."
Emas saat ini perdagangan di Australia sekitar A $ 1.600 per ounce, yang berarti penemuan akan bernilai sekitar A $ 283.200, namun kelangkaan dan fakta beratnya lebih dari satu kilogram akan menambah premi, kata Kent.
Dia mengatakan kepada media Australia yang prospektor telah menggunakan detektor state-of-the-art-metal, yang berarti ia dapat menemukan emas yang relatif jauh di bawah tanah di daerah yang telah dicari berkali-kali di masa lalu.
Pria itu hanya membuat temuan kecil sebelum, katanya, tetapi adalah "orang yang benar-benar layak mendapatkannya".
"Temuan seperti ini memberikan harapan orang Ini mimpi saya untuk menemukan sesuatu seperti itu,. Dan aku sudah calon selama lebih dari dua dekade," mengutip Courier Ballarat dia mengatakan.
"Saya tak punya keraguan akan ada banyak orang yang akan sangat antusias tentang tambang emas lagi, memberikan orang harapan," kata Kent.
"Tidak ada yang seperti menggali uang, itu menyenangkan."