ECA International belum lama ini mengekspos sebuah survei mengenai biaya hidup. Survei tersebut menahbiskan Tokyo sebagai kota paling mahal bagi warga asing selama 2012. Setahun sebelumnya, survei serupa juga menetapkan Ibu Kota Jepang ini sebagai kota termahal bagi warga eskpatriat.

Pemeringkatan ini dihitung berdasarkan biaya pokok sehari-hari berupa barang dan jasa, seperti bahan makanan, minuman, dan pakaian di masing-masing kota.

Hal yang mengejutkan, kota-kota terkenal seperti Paris hanya menduduki peringkat ke-42 dan Manhattan di posisi ke-36; lebih rendah dibanding sejumlah kota di Asia, seperti Hong Kong (32), Beijing (22), Singapura (31) dan Shanghai (26).

ECA mengungkapkan hal ini disebabkan perubahan peta ekonomi dunia yang belakangan mengarah ke Asia. Asia pun dipercaya akan mengambil alih posisi Amerika Utara dan Eropa sebagai kekuatan dunia pada 2030.

Selama tiga tahun terakhir, kota-kota di Asia naik peringkat secara global. Tercatat sembilan kota Asia masuk dalam jajaran Top 50 lokasi termahal di dunia.

Sementara Hong Kong dan China naik peringkat secara signifikan, posisi Jakarta justru turun secara dramatis: 32 peringkat. Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dunia membuat Jakarta kini hanya berada di posisi ke-123.

Berikut ini, 10 Kota Termahal di Dunia:
1. Tokyo, Jepang
2. Nagoya, Jepang
3. Oslo, Norwegia
4. Luanda, Angola
5. Yokohama, Jepang
6. Kobe, Jepang
7. Caracas, Venezuela
8. Stavanger, Noregia
9. Zurich, Swiss
10. Jeneva, Swiss